5 Info Kesehatan Usia Di atas 40 Tahun Keatas - SignalNVQueen

Anda usia diatas 40 Tahun, Wajib baca 5 Info kesehatan ini, yang belum 40 Tahun silahkan baca untuk informasi ke keluarga dan masyarakat luas 

Jika saat membaca tulisan ini anda berusia 40 tahun atau lebih, saya ucapkan SELAMAT memasuki dunia yang baru, dimana banyak hal baru yang kita dapatkan. Menurut teman saya yang seorang founder dari salah satu komunitas relawan di Indonesia, wajah seseorang yang usianya menginjak 40 tahun, itu adalah wajah terganteng/ tercantik yang dia miliki dari seumur hidupnya.  Jika tidak percaya lihatlah pasanganmu, temanmu, saudaramu, orang tuamu, pamanmu atau bibimu yang usianya menginjak 40 tahun (dimulai 38 tahun) pasti wajahnya cantik/ganteng dari beberapa tahun kebelakang.

Jika anda belum menginjak atau mendekati 40 tahun, sabarlah, insyaAlloh nanti akan tiba saatnya di anda sendiri. Jadi jangan menganggap usia 40 tahun adalah usia yang mulai tua, tapi usia matangnya seorang manusia. Siap-siaplah untuk tahun-tahun tercantik dan terganteng anda.

Berikut 5 info kesehatan untuk usia 40 tahun keatas 

1. Muncul keluhan pegel-pegel bukan berarti gejala sebuah penyakit 


Menginjak usia 40 tahun, banyak yang merasakan keluhan bahkan nyeri-nyeri di punggung, lutut, pinggang, betis dan persendian lainnya. Hal ini bukan selalu disebabkan oleh munculnya sebuah penyakit. tetapi ini bisa pertanda kekurangan vitamin B. Karena di usia mulai 40 tahun, produksi vitamin B dalam tubuh kita juga makin menurun sehingga perlu asupan vitamin B tambahan dari luar, boleh sintetik seperti vit b+ atau asupan dari kacang-kacangan yang mengandung vitamin B

2. Perlunya kesadaran olahraga tapi tidak juga ekstra keras 


Terkadang tanpa disadari kita lupa atau jarang bahkan tidak pernah olahraga. Beberapa menganggap bahwa kegiatan sehari-hari seperti bekerja di kantor, naik turun tangga , atau yang di rumah masak, nyuci, ngepel, nyapu, gendong anak itu udah keringetan dan artinya sudah olahraga. 

Prinsip ini menurut Envy salah besar, karena olahraga adalah sesuatu gerakan yang di lakukan dalam tempo terus-terusan minimal 10 menit dan lebih bagus lagi 30 -60 menit. 
Tidak juga di lakukan dengan ekstra keras ya? Jika anda baru saja memulai maka mulailah dari 10 menit dahulu, nanti besok-besoknya bru nambah menjadi 20 menit hingga ke 60 menit. 

3. Perlunya mengurangi konsumsi obat-obatan tetapi justru memperbaiki pola asupan gizi


Beberapa orang yang menginjak usia 40 tahun, biasanya ada yang mengandalkan obat-obatan untuk mengatasi keluhan dalam tubuhnya. Kecuali obat-obat hipertensi dan diabetes, lebih baik benar-benar mengurangi konsumsi obat lainnya. Lebih baik memperbaiki pola asupan gizi 

Kenapa Envy bilang begitu? Karena ibarat sebuah ruangan yang bau, lebih baik mencari sumber bau lalu di buang, daripada menyemprot wewangian agar mengurangi bau. Sama dengan tubuh kita, jika obesitas, ayo kuragi dan atur pola asupan gizi sehingga kembali ramping. Jika sering asma karena alergi mari menghindari pencetus alergi. Jika kolesterol mari kurangi asupan yang mengandung kolesterol dan olahraga agar kolesterol dapat di metabolisme dengan baik

4. Perbanyak istirahat 


Bukan berarti usia matang maka kesibukan juga meningkat loh ya. Silahkan menambah aktivitas tetapi jangan lupakan istirahat. Bukan istirahat yang cukup , tetapi istirahatlah yang banyak. 

Ada nasehat yang diberikan Envy dulu saat SMA, beliau bilang, perbanyak istirahat jika ingin awet muda.. hihihihi

5. Hindari stress berlebihan 

 

Siapa sih yang gak pernah stress, apalagi jika sudah menjadi seorang ibu atau bapak. 

My mom said " Stress adalah salah satu resiko menjadi seorang ibu atau bapak " 

Jadi stress adalah sebuah rutinitas yang sehari-hari bisa kita lakukan dan dapatkan. Nah karena semacam makanan sehari-hari, jangan terlalu di pikirkan sehingga menjadi stress berat.

Apalagi saat pandemi sekarang ini, karena stress adalah penurun sistem imun no 1, bahkan stress dapat menyebabkan kematian loh.

Jaga kesehatan dan jangan lupa kalau udah 40 tahun, pandangin wajahmu di kaca, lihatlah betapa cantik / gantengnya dirimu.

Stay safe
Saranghaeyo


15 Comments:

  1. Insya Allah usia saya tahun depan sudah 40 tahun nih. Tulisan ini sekaligus pengingat untuk saya agar lebih barhati-hati menjaga badan. Hehehe. salam kenal kak

    ReplyDelete
  2. Iya mbak saat memasuki usia 40 tahun kita harus lebih peduli terhadap kesehatan kita. Sebab diusia tersebut penyakit mulai datang menyapa. Dengan terus menjaga kesehatan maka akan meminimkan munculnya penyakit.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun aku belum 40 tahun udah pegel2 ajaa. Berasa tua. Setelah baca artikel ini aku jadi sadar kalo kurang banget olahraga. Huhu. Udah sadar bahwa olahraga itu penting tapi ya tetep aja magernya nomor satu.

    ReplyDelete
  4. Yang menjadi catatan buat saya pribadi.. karena mau masuk usia 40 an.. hindari stress berlebih, jaga pola asupan gizi seimbang dan olahraga yg cukup... 3 ini yang harus saya genjot

    ReplyDelete
  5. Saya masih 21 tahun sih, tapi ini bisa untuk persiapan nanti ketika umur 40 thn lebih, saya tiap seminggu sekali juga sering olahraga. Semoga bisa selalu fit dan prima

    ReplyDelete
  6. jangan terlalu sibuk bekerja, tapi luangkan lah sedikit waktu untuk menyegarkan pikiran dan tubuh

    ReplyDelete
  7. Aku belum 40 mba. Tapi setiap bangun tidur di pagi hari rasa pegal sudah merajai.
    Bangun tidur itu udah kayak dipukul satu kampung.. hahaha

    ReplyDelete
  8. Nah menarik nih ulasannya semakin bertambah usia justru hrs mengurangi asupan obat2an kimia ya kak. Kalau menurut tmn yg nakes krna kemampuan ginjal menyaring efek kimia dari obat menurun, jd lbh baik klo diganti sumbernya dengan yg alami hehe...mksh artikelnya sdh mengingatkan

    ReplyDelete
  9. Kalau Allah mengaruniai usia lagi insyaallah 2 tahun lagi saya menjejak usia 40 tahun, artikel yg menarik nih ya Mbak Nova, biar lebih care ama kesehatan terutama hrs banyak beristirahat juga ya. Tfs

    ReplyDelete
  10. Sangat menarik ulasannya untuk diperhatikan untuk mengurangi konsumsi obat2 kimia apalagi klo usia 40 keatas,walaupun saya masih sangat mudah usia 20an tapi tetap berusaha untuk mengatur pola hidup yang sehat

    ReplyDelete
  11. 7 tahun lagi saya bakal masuk geng 40 ini. Mihihi. Thanks mba infonya. Yaa buat gambaran laah.

    ReplyDelete
  12. Iya nih, saya sudah memasuki usia 40. Mulai kerasa lebih cepat lelah, apalagi kalau main kejar-kejaran sama anak-anak. Niat olahraga ada, tapi melaksanakannya sering kalah oleh rasa malas

    ReplyDelete
  13. Wah ibukku perlu tahu ini nanti kuberitahu sama ibuk ah. Biar jaga kesehatan

    ReplyDelete
  14. masih lama sih, tapi ciri-cirinya sama kaya keluhan ibu bapakku yang udah kepala 5. makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  15. Ilmunya sangat berguna sekali, bisa buat persiapanku kedepan, saat ini aku mau jalan 27 tahun. tapi aku selalu jaga jaga untuk hidup sehat.

    ReplyDelete

Harap komentar yang baik dan relevan ya kak,
Saranghaeyo

Follow Me On

Tentang saya

Met datang di blog NVQueen

Hanya blog Anak bawang yang masih belajar menulis untuk menyampaikan info kesehatan, tips-tips dan sedikit signal dari hati

RECENT POSTS

5/recent/post-list