5 Metode Review Jurnal Untuk Penelitian Kualitatif


Efek dari pandemi Covid-19 adalah adanya perubahan metode penelitian tugas akhir. Pelajari 5 metode review jurnal untuk penelitian kualitatif di sini. 

Haloooo semua mahasiswa semester akhir ... masih sehat atau udah stress ? 
Tugas akhir adalah salah satu persyaratan kelulusan sebagai sarjana. Sejak di berlakukannya PJJ  (Pendidikan Jarak Jauh) karena pandemi Covid-19 di Indonesia yaitu awal bulan Maret 2020, menjadi problema baru bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir. 



Tidak mungkinnya melakukan konsultasi secara langsung dengan dosen pembimbing sudah menjadi kesulitan yang sangat mendasar, karena konsultasi secara langsung saja berat dan susah untuk menyamakan persepsi antara mahasiswa dengan dosen apalagi secara tidak langsung (online). Berapa banyak yang chat yang tidak terbalas dan emailnya belum ada tanggapan? Komen di bawah ya gengs

Masalah konsultasi bukan hanya satu-satunya hambatan. Adanya WFH, SFH dan Sosial Distancing  meghancurkan rencana penelitian secara langsung di lapangan (Rumah Sakit, Sekolah, Masyarakat, Instansi Pemerintah, Perusahaan, Pabrik, Hutan, dan lain sebagainya )  atau di laboratorium. 


Mengubah metode penelitian menjadi salah satu jalan atau bahkan jalan satu-satunya bagi peneliti dalam hal ini kalian mahasiswa tingkat akhir. Panelitian kualitatif merupakan suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif ( berupa gambaran). Penelitian kualitatif  yang dianjurkan beberapa universitas adalah mereview beberapa jurnal penelitian baik lokal maupun international. Buat teman-teman yang mau cari jurnal international bisa coba Cara Mencari Jurnal International Gratis disini 

Berikut 5 metode review jurnal penelitian 

1. Compare 


Metode Compare adalah metode review jurnal dengan mencari kesamaan diantara beberapa jurnal dan diambil kesimpulannya. 
Jika teman-teman memilih metode compare untuk mereview jurnal penelitian, maka carilah beberapa judul jurnal penelitian yang memiliki hasil yang berbeda tetapi memiliki kesamaan misalnya kesamaan metodenya, kesamaan jumlah sample, kesamaan reagen yang digunakan, atau kesamaan lokasi penelitian. 

2. Contrast


Metode contrast adalah metode review jurnal dengan menemukan perbedaan diantara beberapa jurnal penelitian lalu diambil kesimpulannya 
Metode Contrast termasuk metode favorit beberapa mahasiswa dan dijadikan metode massal yang wajib di gunakan di panduan penyusunan tugas akhir. 
Metode ini kebalikan dari metode compare, sehingga teman-teman bisa mengambil beberapa jurnal penelitian yang menggunakan sampel yang sama tetapi berbeda metode penelitiannya, berbeda reagen yang di gunakan atau berbeda aplikasi data yang di gunakan. 

3. Cristicize


Metode Cristicise merupakan metode review jurnal dengan membuat pendapat sendiri terhadap sumber yang dibaca 
Metode ini mereview jurnal penelitian sebagai pandangan pada teman-teman semua untuk kemudian berasumsi sendiri atau dengan pemikiran sendiri 

4. Synthesize


Metode Synthesize adalah metode review jurnal dengan menggabungkan beberapa sumber menjadi sebuah ide baru, dalam bahasa kerennya boleh dibilang cloning. 
Metode review jurnal ini dilakukan dengan membandingkan jurnal yang satu dengan jurnal lainnya dalam artian mengintegrasi hasil analisis terhadap jurnal-jurnal penelitian berdasarkan kesamaan dan perbedaan masing-masingkemudian memberikan simpulan baru. 

5. Summarize 


Metode Summarize adalah metode review jurnal dengan menulis kembali sumbernya dengan kalimat sendiri, metode ini sering di gunakan teman-teman dalam tugas kuliah pada beberapa mata kuliah yang memerintahkan mereview jurnal penelitian ( ya khan?). Review jurnal hanya menyimpulkan saja, mengambil sedikit pokok latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, sampel dan populasi, alat dan bahan, hasil penelitian dan sedikit pokok pembahasan juga kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal penelitian tersebut.

Jadi yang harus dilakukan adalah tentukan tema atau bidang yang mau di teliti, lalu pilih salah satu metode diatas, kemudian baru carilah jurnal atau artikel yang sesuai tema dan metode review yang diambil.


huft.. tarik nafas dulu teman-teman... jangan stress.. kalian tidak sendiri tapi ada ribuan mahasiswa diluar sana, bahkan di sekitar rumahmu, di sekitar kosmu dan mungkin di hadapanmu saat ini. 
Mari berjuang bersama mengerjakan tugas akhir ini, dan mari wisuda bareng di september 2020 walau katanya wisuda dilaksanakan dengan online. 

Buat yang masih pusing tujuh keliling dan udah gak tau harus ngapain, bisa konsultasi gratis ke sohib NVQueen di IG Solusi_Cepat_Wisuda (psstt jangan lupa follow ya).


Semangat semua 
Saranghaeyo 


NVQueen


32 Comments:

  1. yatuhan aku udah lupa sama pengertian metode seperti ini, lulus kuliah udah dari jaman nggak enak hehehe
    yang pasti jaman mahasiswa akhir dulu rasanya penuh perjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan banget kak sekarang karena konsultasi bersifat tidak ada tanya jawab, kita gak bisa menanyakan balik, hanya di revisi via email kak. hiksss .. BTW salam kenal ya kak ainun

      Delete
  2. ini kok aku selama kuliah tidak menggunakan metode di atas, apa karena saat aku kuliah belum tau ya.. tapi makasih infonya

    ReplyDelete
  3. Wah dulu kalau buat penelitan saya juga suka pakai metode kualitatif soalnya gak usah pakai ngitung angka. Menurut saya ini lebih mudah, tetapi ya itu harus banyak cari referensi, dan harus rajin membaca😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang pada pake kualitatif karena gak bisa turun kelapangan kak

      Delete
  4. Harus dipelajari ini agar supaya nanti ga ribet lagi kalau mau penelitian

    ReplyDelete
  5. Hwaduuuh udah ga pernah bikin jurnal lagi.. Lupa sama cara2nya...

    ReplyDelete
  6. hahahah masih sehat atau udah stress? kalau stress ga mungkin baca tulisan kk donk hahahah piss. Jadi inget banget masa-masa stress itu k, mata panda, kurang tidur ga napsu makan pokoknya lengkaplah penderitaan tak ada akhir. Tapi harus tetep semangat biar mama papa bangga aamiin.

    Ternyata metode yang dulu ku pakai istilah teorinya seperti yang disebut di atas ya, ada beberapa yang juga ku lakuin kaya compare dan criticize. Thanks for sharing k

    ReplyDelete
  7. wahhh bermanfaat sekali tulisannya. Jujur aku uda lupa sama yang kaya gini hahaha

    ReplyDelete
  8. Pas banget momennya ini buat adekku yang lagi pusing2nya ngelarin skripsinyaaa. Terimakasih mba Nova 😁 bakal aku rekomendasiin ke dia.

    ReplyDelete
  9. Kondisi seperti ini cocok nya penelitian nya pake kualitatif. Bisa Meminimalkan keluar rumah

    ReplyDelete
  10. Wah referensi mantap nih buat yg lagi nyusun..
    Makasi kak infonyo.

    ReplyDelete
  11. Wah akun ig nya..solusi cepat wisuda. Bisa jadi booster dedek2 yang lagi nyuusun tugas akhir demi menuntaskan gelar s1 nya ya

    ReplyDelete
  12. Seketika mengingat masa-masa mengerjakan skripsi membuat kepalaku pening, hihihi.

    ReplyDelete
  13. Wadaaww udah jaman kapan nih nggak ubek-ubek beginian. Jadi inget dulu pernah ngerjain SPSS juga. Mumet dah hahaa

    ReplyDelete
  14. Terima kasih informasinya Mbak, kalau saya biasanya review metode summarize saja karena memang untuk nyari ide buat penelitian disertasi. Mana harus review banyak jurnal. Tapi kayaknya saya bisa lakukan metode yang lain juga, kalau-kalau mau nulis review article untuk jurnal internasional

    ReplyDelete
  15. Jadi inget masa2 garap tugas akhir. Bermanfaat banget ini buat mahasiswa.

    ReplyDelete
  16. Pas banget nih musim skripsi. Mesti dijabanin nih ruang konsultasi IG nya sama mahasiswa supaya dapat pencerahan.

    ReplyDelete
  17. Manfaat sekali buat yang lagi penelitian ini. Semangat buat tugas akhirnya, semoga cepat kelar dengan 5 metode yang ada di artikel ini. Jadi ingat skripsi 22 tahun yang lalu...waw, tua banget akuuu

    ReplyDelete
  18. balada mahasiswa akhir angkatan yg sdng skripsi 2020 mungkin akan jadi sejarah kak. Lulus tanpa penelitian lapangan hehe..btw bknnya cara review jurnal sama dngan studi literatur ya jadi datanya data sekunder..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, yang memilih review jurnal pake data sekunder tetapi yang memilih penelitian lanjut bisa pake kuesioner gugel form

      Delete
  19. jadi ingat tahun 2009, ngilu ngilu gembira dalam pengerjaan skripsi.

    ReplyDelete
  20. Wah.. untung saya ga kuliah lagi hehe
    Puyeng euy ngerjain skripsi, apalagi masa pandemi ini. Tp yq infonya πŸ™πŸ˜Š

    ReplyDelete
  21. Dulu waktu ambil supporting course Ilmu Komunikasi dan Sosiologi Pedesaan, kami sering mereview jurnal dan berdebat setelah itu. Kelima metode di atas nyaris dipakai semua. Hehehe.

    ReplyDelete
  22. Tugas akhir kuliah bolak balik ga bener2 buat jurnal, pengen nangis kalau sekarang pakai online bisa ya ketemu dosen pembimbing.

    ReplyDelete
  23. mudah-mudahan para mahasiswa semester akhir nggak bingung lagi mau diapaian skripsinya, bisa cepat selesai dan bisa lulus tepat waktu, walau wisudanya online tapi pasti bakal tetap berkesan

    ReplyDelete
  24. Calon sarjana nih ceritanya, sukses ya semoga September sudah bisa diwisuda. Amin

    ReplyDelete
  25. metode synthesize merupakan metode yang paling sering aku lakukan. Biasanya cari jurnal tema A kemudian baru nyari persamaan dan perbedaan.

    ReplyDelete
  26. Iya ya, waktu kehidupan berjalan normal aja yang namanya konsultasi tugas akhir atau skripsi ini jadi tugas berat, apalagi waktu kondisi tidak normal kayak pandemi ini. Semoga yang sedang menempuh akhir studi diberi kemudahan.

    ReplyDelete
  27. huft udah lama banget nggak menyentuh penelitian, terakhir pas skripsi, itu udah lama banget hahaha...
    kayaknya aku nggak cocok dengan penelitian ilmiah, lebih senengnya ke kegiatan kreatif...
    semoga sukses yaaa... ;)

    ReplyDelete
  28. Oo berarti kalo ubtuk jurusan teknik, penilitiannya jg review jurnal pihak lain begitu ya kak?

    ReplyDelete

Harap komentar yang baik dan relevan ya kak,
Saranghaeyo

Follow Me On

Tentang saya

Met datang di blog NVQueen

Hanya blog Anak bawang yang masih belajar menulis untuk menyampaikan info kesehatan, tips-tips dan sedikit signal dari hati

RECENT POSTS

5/recent/post-list