Kunyit dan Madu; Atasi Lambung, Liver Hingga Infeksi Luka Dalam - SignalNVqueen

Kunyit, bukan sekedar bumbu dapur dan pewarna makanan alami saja, tetapi kunyit bersama madu adalah obat yang ampuh atasi masalah lambung, liver hingga luka dalam.











Siapa yang tidak kenal kunyit? Salah satu bumbu dapur wajib dan banyak terdapat hampir di setiap resep masakan nusantara. Boleh dibilang bahwa di Indonesia, tidak ada rumah yang tidak punya kunyit dengan nama latin Curcuma domestika Val  atau Curcuma longa ini. 

Rimpang beruas dan berwarna kuning ini memiliki banyak nama daerah diantaranya kunir (Jawa) dan janar (Kalimantan). Kalau didaerahmu namanya apa sob? kasih tau di komen bawah ya.






Masyarakat Indonesia sudah mengkomsusmsi kunyit dari jaman dahulu kala, baik sebagai bumbu dapur juga secara empiris digunakan sebagai obat tradisional yang lebih dikenal dengan istilah jamu
Jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari ramuan bahan mengandung obat.  

Kalau boleh cerita sedikit, nenekku yang biasa kupanggil mbahti adalah seorang pembuat jamu dan penjual jamu gendong. Menurut cerita mbahti, pekerjaan ini sudah turun temurun dari jaman mbah buyutnya mbahti, otomatis lama banget kan ya, sebut saja sudah dari jaman penjajahan belanda. Dan pekerjaan ini di turunkan ke kakak ibuku (pakde) hingga sekarang.


Sedangkan madu merupakan minuman sehat yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu memiliki cita rasa berbeda-beda tergantung nektarnya, jika musim buah maka rasa madu manis tapi sedikit ada rasa asam. Madu juga ada yang madu ternak (dari sarang buatan lebah ternak) ada yang madu hutan alam (dari sarang asli buatan lebah hutan). Hati-hati dalam membeli madu, karena madu campuran justru membahayakan kesehatanmu 

Udah coba madu hutan dengan aneka rasa? kalau belum, coba aja beli Madu Hutan Kalimantan di Bawi Bakena , salah satu penjual madu hutan kalimantan asli tanpa campuran, di ambil langsung dari hutan kalimantan tanpa olahan modern.

FB Agen Bawi Bakena


Bagaimana dengan fakta empiris? 

Kunyit dipercaya masyarakat sebagai obat maag, GERD, tukak lambung, melancarkan haid, menyehatkan rahim ibu-ibu setelah melahirkan,dan lain sebagainya. Dan madu diyakini dapat membantu proses penyembuhan, dan menjaga vitalitas tubuh.  

Berikut resep kunyit dan madu
Bahan :
R/ Kunyit       1 ruas besar atau 3 ruas kecil
     Madu        3 sendok makan
     Air            20 ml
    (sengaja nggak pake gram, biar teman-teman gak bingung menakarnya)

Caranya : - Parut kunyit tambahkan 20 ml air lalu peras dan saring
                - Campur perasan kunyit dengan 3 sendok madu
                - minum 2 x sehari , setiap bangun tidur dan sebelum tidur malam





Jika fakta empiris mengatakan begitu, bagaimana fakta secara ilmiahnya? simak ulasan di bawah ini 

1. Sebagai Obat Lambung 


Menurut beberapa jurnal penelitian menunjukan :
Kunyit mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri, dapat memproteksi mukosa lambung dengan meningkatkan sekresi mukus dan mempunyai efek vasodilator sehingga kunyit dapat meningkatkan pertahanan mukosa lambung. 
Madu secara mikroskopis memiliki efek proteksi terhadap lambung berupa pengurangan derajat kerusakan sel lambung. Adapun kandungan madu adalah asam organik, mineral, vitamin serta kaya akan anti okasidan yang dapat melindungin jaringan dari kerusakan dengan merangsang regenerasi jaringan. 
Sehingga kunyit dan madu dapat mengobati maag, GERD dan tukak lambung, sebagai pengganti sukralfat, karena sukralfat memiliki efk samping menghambat penyerapan obat lain dan nutrisi di lambung. Selain itu penggunaan sukralfat dalam jangka waktu lama akan memperberat fungsi liver.

2. Sebagai Obat Liver/ Antihepatotoksik


Berdasarkan beberapa jurnal penelitian membuktikan bahwa :
Kandungan kurkuminoid dari kunyit terdiri atas senyawa desmetoksikurkuin dan bidesmetoksikurkumin yang mempunyai aktivitas biologis spektrum luas, salah satunya adalah antihepatotoksik
Madu memiliki kandungan flavanoid dan anti oksidant tinggi sebagai antihepaprotektor, terbukti pada pemberian 0,0078ml/20 gram berat badan mencit mampu mengurangi kerusakan sel hepar pada mencit. 
Hepatotoksik adalah kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia, misalnya paracetamol, obat ini salah satu penyebab terbesar dari hepatotoksik. 
Hati-hati jika punya gejala seperti sakit maag, dan menganggap ini maag biasa. Bisa jadi itu adalah gejala gangguan liver.  Dengan meminum kunyit dan madu dapat memperkuat fungsi liver.

3. Sebagai Obat Luka Luar dan Dalam


Sebelum membahas secara ilmiah, persis 4 tahun yang lalu salah satu dosenku saat masih di D3 Farmasi mengalami kecelakaan, walau masih sadar tapi menututku lukanya cukup parah dan ada lebam-lebam di beberapa bagian tubuhnya. Setelah luka diobati, beberapa bagian tubuh di rontgen dan dipastikan tidak ada patah, beliau minta antar pulang ke rumah dan menolak dirawat di rumah sakit.

Sesampainya di rumah beliau minta di buatkan ramuan kunyit dan madu seperti diatas, lalu meminumnya, obat-obatan dari UGD rumah sakit hanya diletakkan tanpa di minum

Kalau ini aku sadar dan tidak menanyakan, karena semakin seseorang paham akan obat dan mekanisme nya dalam tubuh, semakin menghindari yang namanya minum obat 
Nah, berikut hasil dari beberapa jurnal penelitian diantara nya
Kunyit memiliki kandungan hidrokoloid sehingga mempercepat penyembuhan luka luar. Penelitian ini di uji pada mencit dan kelinci 
Kandungan minyak atsiri pada kunyit mengandung gugus karbonil dan gugus hidroksil yang berkhasiat sebagai antibakteri. Dan ini sudah di uji hingga uji aktivitas pada penghambatan  29 jenis bakteri 
 Bakteri adalah penyebab infeksi akibat peradangan dalam hal ini eradangan akibat luka dalam
Sedangkan madu mengalami supersaturasi  dengan kandungan gula yang tinggi, yang mempunyai interaksi yang kuat dengan molekul air sehingga akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi kerusakan jaringan luka. 

Gimana? udah yakin sama kunyit dan madu? 


Kalau saya sih sebagai seorang pharmacy's sangat menganjurkan obat herbal ketimbang kimia. Mungkin saya dan dosen saya tadi sebagian kecil farmasi yang tidak ikut dalam perbisnisan obat kimia

Bukan berarti obat kimia tidak baik ya. Karena penyakit memang harus di sembuhkan dan ada beberapa orang yang justru tidak bisa mengkonsumsi obat-obat herbal. 

Kalau kamu? Pilih yang mana? komen di bawah ya

Terimakasih sudah membaca, semoga sehat selalu 

staysafe 
saranghaeyo 





25 Comments:

  1. Terima kasih buat tipsnya mba. Boleh dicoba nih, buat keluarga kami yang memang ada langganan sakit maag. MasyaAllah memang Islam itu luar biasa, madu sudah disebutkan dalam Alquran bisa digunakan sebagai obat 😊

    ReplyDelete
  2. Nenek saya sampai sekarang masih suka racik obat herbal sendiri. Tapi sayangnya harga rempah-rempah seperti kunyit, dan lain-lain sekarang lagi mahal dan lumayan susah dicari soalnya rata-rata udah diborong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sekarang lagi mahal tetapi kalau buat pengobatan mungkin gak masalah, di Surabaya memang agak susah cari empon2, kmrn sempet mau buatkan jamu buat pakde harus ke pasar agak besar,, sehat terus ya neneknya

      Delete
  3. Biasanya bikin mba. Air matang dipanaskan ngga sampe mendidih. Dimasukkin kunyit+serai. Kemudian ditambahi madu+jeniper. Angeett gesss di perut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat masuk angin bagus banget itu , tapi kalau pas maag jangan air hangat ya kak

      Delete
  4. Saya juga salah satu orang yang masih suka mengkonsumsi jamu/obat herbal. Ketika sakit biasanya saya mengobatinya dengan jamu tradisional. Bagi saya jamu/obat herbal lebih aman sebab tidak mengandung zat kimia

    ReplyDelete
  5. Saya dari kecil selalu langganan jamu kunir asem yang dijual ibu2 jamu gendong depan rumah. Emang manfaatnya banyak sih kunyit ini, rasanya pun enak apalagi ditambah madu hehe. Kalau buat saya, herbal dan kimia jika digunakan secara tepat, sama2 bisa memberi kesembuhan. Semoga obat tradisional herbal Indonesia selalu lestari yah

    ReplyDelete
  6. Wah terimakasih mba ilmunya. Kalau saya jarang minum obat kalau sakit, beli sate atau martabak pasti sembuh hehehe tapi saya selalu konsumsi ibu profen untuk mengurangi nyeri setiap hari pertama haid kak, soalnya kalau konsumsi jamu saja tidak cukup. Kalau menurut mbak sebagai pharmachy bagaimana?

    ReplyDelete
  7. Lebih baik minum jamu ya mbak drpd obat kimia yg banyak efek sampingnya. Sya pun ingin pelan2 menggeser dari minum obat ke herbal

    ReplyDelete
  8. Kunyit madu atau herbal lainnya memang cenderung minim risiko. Untuk diminum sehari-hari tentu baik untuk tubuh dan imunitas. Namun ada orang yg tidak bisa sembarangan minum obat herbal karena reaksi yang kurang cocok di tubuhnya. Jadi tetap harus hati2 juga dalam meminum obat herbal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak harus sesuai sama dosis dan aturan krn herbal juga punya zat aktif

      Delete
  9. Kalau hidup di Kota kayak saya ini, nyari madunya sih gampang tinggal beli. Yang susah nyari kunyit nya. Beda kalau lagi di desa, ambil belakang rumah sudah banyak tanaman kunyit.
    Jadi mau gimana lagi, palingan tiap hari saya cuma konsumsi madu untuk menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. madu bawi Bakena bisa di pesan dimana aja kak hihihi

      Delete
  10. Bener banget, kunyit bisa menyembuhkan penyakit maag. Aku pernah coba soalnya kak. Aku pernah sakit maag dan minum air kunyit perlahan membaik

    ReplyDelete
  11. Uni nova, kalau kunyit bubuk bisa ga? Kebetulan di dapir msh banyak kunyit bubuk, kubeli di toko herbal. Apa hrs kinyit asli nih buat minuman td?

    ReplyDelete
  12. Inilah kenapa yaa ibu saya selalu cerewet kalo nyuruh minum jamu. Terutama kunir muda. Ternyata manfaatnya banyaaak banget. Terimakasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  13. Di daerahku namanya kunyik Kak.

    Resep yang tepat saat puasa ini.

    Untuk penggunaan rutin atau jangka panjang apa gak masalah Kak?

    ReplyDelete
  14. Tos, aku juga lebih pilih herbal dibanding obat-obatan kimia. Sebisa mungkin gak beli obat wkwk. Soalnya sensitif juga kadang pusing minum obat hehe

    ReplyDelete
  15. kunyit, madu, kencur, daun sirih rutin jd minuman sehari2 klo dirmh sy..akibatnya fisk sy jarang sakit..emang khasiat empon2 rempah, ramuan herbal kita tuh luar biasa manfaatnya ya kak..

    ReplyDelete
  16. Manfaat empon-empon seperti kunyit dan jahe ini benar-benar luar biasa ya. Beruntungnya orang Indonesia yang tinggal di daerah tropis. Dari Sabang sampai Merauke ini ada dan mudah didapat.

    ReplyDelete
  17. Resep kunyit madu ini Alhamdulillah sudah diterapkan lama kak. Kebetulan almarhum ayah saya juga pegiat Herbalis. Jadi biasa ngobatin anak juga pake tanaman herbal. Akhirnya aku pun dikit-dikit opsi pengobatan kebanyakan ya herbal. Kalo udah mentok baru deh musti ke kimia. Kayak terapi TB paru.

    ReplyDelete
  18. kunyit madu buat atasi lambung, liver dan penyakig dalam lainnya ya , aku coba kasih tau mama dehh biar mengkonsumsi ini kuntit sama madu

    ReplyDelete
  19. Dulu di sumbawa ada produk kunyit madu bubuk tinggal seuh juga. Rutin konsumsi iu gantian dengan jahe madu. Kasih susukuda liar. Enak.

    ReplyDelete
  20. Wah jadi pingin bikin buat ibu yang suka nyeri lambung, semoga baikan.

    ReplyDelete

Harap komentar yang baik dan relevan ya kak,
Saranghaeyo

Follow Me On

Tentang saya

Met datang di blog NVQueen

Hanya blog Anak bawang yang masih belajar menulis untuk menyampaikan info kesehatan, tips-tips dan sedikit signal dari hati

RECENT POSTS

5/recent/post-list