Herd Immunity Siaga 1 - NVQueen

Kematian massal adalah dampak paling besar jika Herd Immunity ini di jalankan. Satu-satunya jalan adalah Siaga-1


Herd Immunity menjadi pencarian nomor satu di jejaring internet. Banyak sekali pembahasan lama kembali muncul ke permukaan. Herd Immunity adalah imunitas yang terbentuk setelah hampir sebagian besar manusia dalam sebuah populasi sudah terinfeksi dan sembuh sehingga memiliki kekebalan terhadap infeksi sehingga efektif menghentikan penyebaran penyakit tersebut.

Tapi apakah herd immunity ini bisa di jalankan pada pandemi Covid-19 ini? 
Berdasarkan dari banyak kasus yang terjadi, beberapa pasien yang semula sudah sembuh dari Covid-19 mengalami re-infeksi dan re-aktivasi . Sehingga mereka harus kembali di karantina setelah sempat kembali ke aktivitasnya dan bertemu banyak orang.

Hal ini merupakan kewajaran karena Covid-19 adalah virus baru dan belum ada vaksin serta tatalaksana terapi pengobatan yang benar dan teruji dapat mengobati Covid-19

Semua pengobatan yang di lakukan adalah ujicoba. Kepanikan banyaknya pasien dan belum adanya uji klinis aktivasi dari obat-obatan tersebut untuk menghambat Covid-19

Sehingga banyak sekali terapi pengobatan di coba lakukan, mulai dari pemberian obat Klorokuin, hidroklorokuin, beberapa anti virus hingga pemberian antibiotik azitromisin. Dimana obat-obat itu kontraindikasi dengan obat antihipertensi, obat jantung dan obat lainnya. Hal ini menyebabkan pasien yang memiliki penyakit sendiri mudah "kalah" saat bertarung melawan Covid-19.
Semua upaya pengobatan di ujicoba langsung di manusia 

Kepanikan tidak hanya terjadi di kalangan medis tetapi juga di masyarakat yang mencoba-coba dengan  mengkonsumsi Vitamin C dosis tinggi. Padahal pada beberapa kasus, pemberian vitamin C dosis tinggi pada pasien Covid-19 tidak memberikan pengaruh signifikan pada kesembuhannya.

Saat ini, dimana adanya anjuran pak presiden agar masyarakat dapat beraktivitas kembali,  pasar-pasar sudah mulai kembali dipenuhi oleh para penjual dan pembeli, mal-mal juga kembali di banjiri oleh para pengunjung yang sudah 2 bulan di dalam rumah. Apakah herd immunity ini memang akan dijalankan dan merupakan strategi pemerintah? Wallohu a'lam
Coba kalian bayangkan, kalau Covid-19 adalah zombie yang invisible (tidak kelihatan) dan ada banyak di luar rumah, apa yang akan kalian lakukan?

Jika memang herd immunity ini dijalankan, maka dengan belum adanya vaksin, terapi pengbatan juga masih belum terbukti, minimnya APD dan fasilitas Rumah sakit, maka kerugian terbesar dari Herd Immunity ini adalah terjadinya kematian massal

Untuk itu mari siap siaga menjadi bagian herd immunity mulai dari sekarang juga


1. Merubah pola hidup 


Mulai dari sekarang, atur pola hidup menjadi yang benar-benar sehat. Selain mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat juga menjadikan olahraga sebagai kebiasaan baru yang wajib di lakukan

2. Menjaga Kebersihan Diri 

Guys, berapa banyak diantara kita yang jarang banget cuci tangan? berapa banyak yang menganggap makanan jatuh belum lima menit itu masih aman di makan? berapa banyak yang jarang mandi, jarang ganti baju, jarang gunting kuku dan lain sebagainya.

Kalau ingin mau menjadi bagian dari Herd Immunity yang selamat, mari rubah semua kebiasaan jorok kita. Kecuali jika Allah sudah mentakdirkan dirimu sebagai manusia yang selamat dan kebal dari Covid-19
Jika diri sendiri sudah sadar kebersihan, ajarkan ke yang lain, ibumu, ayahmu, kakekmu, nenekmu, anakmu, keponakanmu, teman-temanmu. Jadilah relawan sadar kebersihan mulai dari sekarang 

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Kurangnya kesadaran menjaga lingkungan harus benar-benar di hapus. Kita tidak bisa hanya sendiri yang melakukan tetapi semua masyarakat harus merubah pola lingkungan saat ini juga.


Pakailah masker hingga 2 tahun kedepan, cuci tangan setiap mau dan sesudah melakukan kegiatan, buang sampah di tempatnya dan jangan BAK dan BAB sembarangan, tunggu sampe ketemu toilet ya

Berapa banyak yang buang sampah cuma tinggal lempar aja? 
Mari mulai dari diri sendiri lalu semua yang kita lihat. 

4. Jangan sampai ngeDrop 

Kesibukan kita kadang meremehkan kata istirahat, kata-kata "nanti saja" kali ini benar-benar  bisa membunuh kita.

Istirahat sekarang jadi prioritas nomor 1. Tidak bisa lagi kita ngoyo dalam menyelesaikan apa yang kita kerjakan. BENAR-BENAR TIDAK BISA

Rubah pola tidur dan istirahatmu mulai dari sekarang juga. Bukan sekedar istirahat tepi benar-benar perbanyak istirahat

5. Perbanyak berdoa dan mendekatkan diri pada Allah 

Jika memang herd immunity ini menjadi strategi pemerintah untuk menghadapi Covid-19, maka selemah-lemahnya manusia, kita hanay bisa berdoa. Saya ambil doa dari akun instagram @Indonesiatauhidofficial . 
DOA UNTUK MENANGKAL VIRUS CORONA

▪️ الدواء العظيم لمرض الـ #كورونا وغيره من الأوبئة!!

OBAT YANG BESAR UNTUK PENYAKIT CORONA DAN SELAINNYA DARI WABAH-WABAH

عن أبان بن عثمان عن عثمان بن عفان
-رضي الله عنه-  قال:-
-سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ:-

Dari Abaan bin 'Utsman, dari' Utsman bin 'Affan - semoga Allah meridhai beliau - berkata: Aku mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
.
💥«مَنْ قَالَ:-
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ ثَلَاثُ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُمْسِيَ».
.
Siapa yang mengucapkan: Dengan nama Allah. Tidak ada suatu apapun yang dapat memberikan bahaya dengan nama-Nya di muka bumi dan tidak juga di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 3X

Tidak akan menimpanya musibah wabah yang datang dengan tiba-tiba hingga waktu subuh. Dan siapa yang mengucapkannya ketika subuh 3X, maka tidak akan menimpanya musibah wabah yang datang dengan tiba-tiba hingga waktu sore
.
[📚رواه أبو داود (5088)،📚 والترمذي (3388)، 📝وصححه الألباني]
.
H. R. Abu Dawud: 5088 dan Tirmidzi: 3388. Dishahihkan oleh Al-Albani. .
▪️لفظ الترمذي:-
.
«مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ».
.
Lafal Tirmidzi:
Tidaklah seorang hamba mengucapkan di waktu pagi setiap harinya dan di waktu sore menjelang malamnya: Dengan nama Allah. Tidak ada suatu apapun yang dapat memberikan bahaya dengan nama-Nya di muka bumi dan tidak juga di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 3X.  Tidak akan membahayakannya suatu apapun.

Berkata Syaikh 'Abdurrazzaq Al-Badr حفظه الله:
Ini termasuk dalam dzikir-dzikir agung yang hendaknya seorang muslim menjaganya setiap pagi dan sore. Agar dia terjaga, dengan idzin Allah, dari musibah wabah yang datang tiba-tiba. Atau bahayanya sebuah musibah, dll....

6. Terakhir dari semua adalah asupan tambahan vitamin 

Kenapa ini saya jadikan yang terakhir, karena namanya asupan artinya bukan pokok utama. Minum vitamin tapi tidak menjaga pola makan dan menjaga asupan makanan pokok yang sehat sama saja mengancam jiwa sendiri

Minumlah tambahan vitamin jika diperlukan saja, sehingga tidak setiap hari. Misalnya ketika sudah mulai sedikit sakit tenggorokan, atau badan terasa kurang enak, segera konsumsi asupan yang mengandung imunomodulator. Aada banyak asupan ini mulai dari jenis tablet, sirup, hingga essential oil.

Semoga kita termasuk dari yang selamat di ujicoba herd immunity ini. aamiin

Stay Safe semua
Saranghaeyo







35 Comments:

  1. Wah ngeri juga ternyata. Saya kira pasien covid-19 setelah sembuh tidak akan lagi kena re-aktivasi atau re-infeksi. Mungkin setelah berusaha atau ikhtiar, selanjutnya berdoa memohon perlindungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, contoh nyatanya mungkin yang terkenal adalah pak Budi Menhub yang kembali positif setelah negatif

      Delete
  2. Sebenarnya semua sudah ada aturan mainnya.ada haknya masing-masing. Tubuh punya hak untuk istirahat. Jadi kalo gak terpenuhi, akibatnya ya sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, tapi banyak banget manusia di indonesia ini yang kekeuh bin ngoyo, kek aku hikss

      Delete
  3. Sebenernya cukup khawatir mengenai tindakan pemerintah saat ini. Ngebayanginnya aja rasanya enggak sanggup. Bener-bener harus jaga kesehatan lebih ekstra ya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gimana lagi kak, harus di jalani karena kita penguasa negara ini hikss

      Delete
  4. Betul banget, jangan sampai ngedrop. Ini yang aku jaga bangettt di keluargaku. Kalau bisa jangan ada yg sakit sampai pandemi berakhir 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kebiasaan aku juga suka banget lupa kalau dah ngerjain tugas sampe Ngedrop hikss

      Delete
  5. Bener, harus bersiap2 dengan segala kemungkinan yang mungkin bisa 2 tahun. Coba nih zombie beneran yang keliatan di luaran. Pada sepi tuh jalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sepi kaaaak, bahkan ngintip di jendela aja gak berani dah

      Delete
  6. Keren mba tipsnya. Poin tidak boleh sampai ngedrop ini juga menjadi kunci buat saya pribadi. Kalau udah enggak kerasa enak body. Segera minum-minuman, makan-makanan, dan istirahat cukup, biar imunitas meningkat lagi.

    ReplyDelete
  7. Iya sih. Sekarang pilihannya menjaga daya tahan tubuh kita dan aware sama kebersihan lingkungan.

    Tapi bukankah katanya kalau udah sembuh nggak bakal terinveksi lagi. kan udah kebal. yuni lihat dimana ya info begini.

    Nyatanya, ada kasus yang terinveksi lagi. Wes berarti yuni sing kurang update ini. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar yang paling orang tau adalah Menhub udah negatif kembali positif dan pake oksigen

      Delete
  8. Pilihan terakhir dari pandemi ini emang menjaga daya tahan tubuh masing-masing sih. Sebab orang Indonesia pada bandel-bandel. Biarin herd immunitynya yang bekerja masing-masing.

    ReplyDelete
  9. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat tuk diri kita sendiri, itu pilihannya. Membiasakan melakukan hal-hal kecil.

    ReplyDelete
  10. Terasa banget mbak, sejak ada pandemi ini pola hidup bersih semakin kami galakan di rumah. Wajib pake masker jika diluar, mandi setelah dari luar, makan-makanan bergizi dan lainnya. Ini adalah bentuk ikhtiar yang bisa kami lakukan.

    ReplyDelete
  11. Saya juga pernah baca ada beberapa pasien di negara Korea yang kembali positif setelah sebelumnya dinyatakan negatif. Dan memang sampai sekarang belum ada penelitian yang membenarkah pasien yang sudah terinfeksi nantinya akan kebal jika sudah sembuh. Intinya mah sekarang lakukan hal-hal positif yang dianjurkan medis.

    ReplyDelete
  12. Emang paling bener kita menjaga diri sendiri dan keluarga, sambil terus berdoa semoga pandemi berakhir. Saya harap skenario Herd Immunity itu nggak terjadi di Indonesia, meski banyak indikasi ke arah sana

    ReplyDelete
  13. Kl kata dr. Syahrizal Syarif, Herd Immunity tidak relevan dihubungkan dengan Covid-19, karena blm ada vaksin yg dpt diberikan ke 80% penduduk dunia, dan Covid-19 ini gak sama dg virus Measles atau Campak yg memberikan kekebalan alamiah setelah terinfeksi. Makanya yg sembuh dr Covid-19 bs reinfeksi dan reaktivasi ya Mbak Nova

    ReplyDelete
  14. Setuju nih. Untuk menjaga kondisi tubuh yang paling aman dan nyaman adalah dari pola makan yang tepat juga teratur. Vitamin hanya untuk mendukung asupan yang kurang.

    ReplyDelete
  15. Ngeri nih jika herd immunity adalah langkah yg diambil oleh pemimpin negeri ini setelah PSBB (gagal).

    Terlepas dari konspirasi atau bukan. Menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga serta org terdekat adalah langkah tepat.

    Meski resiko herd immunity ini mengerikan. Namun....

    Ah jadi takut bahasnya Kak.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau Pak Menhub kena lagi. Ya Allah bingung juga bagaimana akhirnya nanti ini. Semoga cepat berlalu, aamiin

    ReplyDelete
  17. Banyak juga pro kontra masalah herd immunity ini kak. Ada yang bilang gak bisa dijalankan kalo belum ketemu vaksinnya.
    Kalo herd immunity tanpa vaksin, maka kita siap-siap kehilangan anggota keluarga kita 😭.

    Saya cuma berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Dan pastinya menjaga asupan dan daya tahan tubuh anak. Sabar-sabar kami gak mau ke tempat ramai dulu.

    ReplyDelete
  18. pakai masker dua tahun ke depan? tidak terbayangkan. hehe.. Terima kasih artikelnya , Mbak

    ReplyDelete
  19. Jauhkan kami dari wabah penyakit ya Allah. Selain ikhtiar menjaga kesehatan dan pola hidup sehat kita juga harus berdoa agar wabah ini segera punah aamiin

    ReplyDelete
  20. sarangheyo mbak nova. terimakasih pengingat dan doanya..insyaAllah mau kulangitkan doanya setelah ini. bismillah ya mbak semoga kita selalu dilindungi sama Allah dari penyakit berbahaya

    ReplyDelete
  21. dengan mengubah pola hidup yang bersih dan bagus pastinya membuat kita menjadi sehat dan herd imunity juga makin kuat

    ReplyDelete
  22. Semoga pandemi ini segera berakhir ya mbak agar kehidupan kita kembali normal seperti semula.

    ReplyDelete
  23. Sepakat dengan tulisan ini. Herd immunity atau tidak, kita tetep harus mengubah gaya hidup menyesuaikan diri dengan protokol pencegahan Covid 19.

    ReplyDelete
  24. Udah sekarang mah tambah-tambahin poin nomor 5 aja. Dia yang Maha Menyembuhkan segala macam penyakit, dan kepada-Nya kita juga meminta dijauhkan dari segala macam penyakit.

    ReplyDelete
  25. cuman bisa geleng geleng sambil doa semua aku sekitarku, keluarga, dan semua temen2 sehat selalu dan dilindungi,,,

    ngeri aja dengernyaa aku kak

    ReplyDelete
  26. Nggak kebayang covid sampai akhir tahun, sekarang aja sudah jenuh dan bosan lho... Semoga covid berakhir segera ya

    ReplyDelete
  27. Sedikit kejam ya kalau diberlakukan. Jadi mikir tiap mau kerja harus mnghindari kerumunan terutama

    ReplyDelete

Harap komentar yang baik dan relevan ya kak,
Saranghaeyo

Follow Me On

Tentang saya

Met datang di blog NVQueen

Hanya blog Anak bawang yang masih belajar menulis untuk menyampaikan info kesehatan, tips-tips dan sedikit signal dari hati

RECENT POSTS

5/recent/post-list