Terapi Ginjal Tanpa Cuci Darah - SignalNVQueen

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita, jika rusak tidak dapat diperbaiki, untuk itu sayangi dan peliharalah ginjal dengan info penting berikut ini

Saat ini penurunan fungsi ginjal bukan hanya di derita oleh para lansia saja, tetapi juga dari segala range umur, bahkan menurut data beberapa jurnal penelitian, masa mileneal ini banyak usia muda yang sudah mengalami gangguan fungsi ginjal.

Seperti banyak di tuliskan pada banyak artikel, penurunan fungsi ginjal disebabkan oleh banyak hal diantaranya adanya penyakit hipertensi, diabetes, gaya hidup tidak sehat dan mengkonsumsi obat tidak sesuai aturan seperti yang saya terangkan di artikel Obat Kimia dan Herbal itu Bikin Gagal Ginjal

Saya tidak perlu membahas bagaimana kerja ginjal, mekanisme penyebab gangguan ginjal karena sudah banyak banget artikel yang membahas tentang itu. Sebagai pharmacy's saya fokus di terapi pengobatannya saja.

yuk lanjuuut....

Lalu bagaimana jika terlanjur mengalami gangguan fungsi ginjal?

Info penting ini berawal dari kisah nyata yang saya dengar sendiri dari pasien dengan keterangan bahwa pasien adalah berjenis kelamin pria berumur 55 tahun, pengusaha di kota Surabaya, menderita demam selama 1 bulan, tidak memiliki riwayat hipertensi dan diabetes 
Ketika diperiksa kadar ureum dan kadar kreatininnya tinggi dengan diagnosa dokter harus cuci darah. Lalu beliau ke Rumah Sakit DR Soetomo untuk konsultasi dengan salah satu profesor disana, dengan membawa semua hasil lab dan rontgen. 

Setelah dilakukan pemeriksaan ulang, dan ditegaskan bahwa diagnosa awal benar, maka profesor memberikan 2 pilihan yaitu cuci darah atau puasa tidak makan 3 jenis makanan ini minimal 1 (satu) bulan saja.
Karena takut cuci darah akhirnya pria itu memilih mengikuti pilihan kedua yaitu puasa 3 jenis makanan tersebut dan alhamdulillah setelah satu bulan, kadar ureum normal dan hasil rontgen menunjukkan kemajuan 

Dan resep ini juga di jalankan orangtua saya, keluarga, kerabat, teman-teman sejawat saya yang memiliki gangguan ginjal atau yang memiliki asam urat. Juga dijalankan oleh banyak orang-orang yang konsultasi dengan saya. 

Berikut saya jelaskan 3 (tiga) jenis makanan yang tidak boleh dimakan tersebut, berdasarkan ilmiah 

1. DAGING SAPI DAN TURUNANNYA 

Apa aja tuh? Daging sapi, Baso, Sosis, burger, dan lain sebagainya 

  • Daging memiliki kadar protein yang tinggi yaitu 26 gram disetiap 100 gram berat daging sapi 
  • Dalam jurnal penelitian disebutkan bahwa asupan protein tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar ureum dan kreatinin dalam darah. 
  • Dengan benar-benar tidak makan daging sapi selama minimal 30 hari berturut-turur dapat menurunkan kadar ureum dan kreatinin serta memperbaiki fungsi ginjal kembali

2. SUSU DAN TURUNANNYA 

Pasti tau donk, apa aja susu dan turunannya? Susu, keju, yogurt, roti, es cream dan produk lainnya yang dibuat atau berasal atau mengandung dari susu 


  • Susu merupakan minuman sehat kaya akan vitamin , mineral, protein, tinggi kalsium dan fosfor 
  • Ginjal yang sehat akan mengeluarkan sisa-sisa vitamin, mineral, protein, kalisum dan fosfor yang berlebihan dalam tubuh kita
  • Ketika ginjal mengalami gangguan, maka akan ada penumpukan sisa-sisa bahan ini di dalam ginjal 
  • Untuk itu diperlukan penurunan jumlah penumpukan tersebut didalam ginjal dengan stop konsumsi susu dan turunannya selama minimal 1 (satu bulan)  

3. KEDELAI DAN TURUNANNYA 

Waduh ini yang paling berat untuk ditinggal, kalau 2 jenis makanan sebelumnya masih bisa di tahan, tetapi kedelai dan turunanya sangan susah dan kadang jenis makanan ini yang menggagalkan terapi diet ini.
Pasti semua sudah tau apa aja turunannya? iya, tempe, tahu, susu kedelai, kecap, taucho, pasta kedelai dan lain sebagainya. 

Tempe, duh ngetik namanya aja udah kebayang ini enaknya gimana, apalagi orang Indonesia mayoritas pecinta tempe banget, bahkan ada yang tiada hari tanpa tempe

Sayangnya tidak semua penjual atau produksi makanan yang terbuat dari kedelai ini tau bagaimana cara produksi olahan kedelai ini dengan benar

Coba kalau ada tempe di kulkas atau di dapur anda, perhatikan apakah tempe yang anda punya itu benar-benar bersih dari kulit kedelainya. Kebanyakan masih terdapat kulit kedelai yang menempel pada tempe

Begitu juga tahu, begitu juga para pembuat susu kedelai. Tidak semua memang tetapi kebanyakan
Lebih baik mengolahnya sendiri sehingga bisa memastikan bahwa kedelai yang akan di olah sudah bersih dari kulitnya

Tahukah anda, bahwa kulit kedelai mengandung kadar purin penyebab asam urat, dan asam urat adalah salah satu pemicu penyakit ginjal 

Sehingga selain kedelai sendiri mengandung protein tinggi yang setara daging juga mengandung kadar purin yang tinggi. Sehingga efeknya double.

Diet 3 (tiga) jenis makanan ini kelihatannya memang gampang, tetapi ternyata sangat berat dilakukan. Orangtua saya termasuk yang berat dan susah meninggalkan tempe maklum wong Jowo
Tetapi alhamdulillah sekarang rutin setahun sekali melakukan diet 3 (tiga) jenis makanan ini untuk menormalkan kembali fungsi ginjal. Ayah saya seorang penderita diabetes sejak tahun 2000, secara medis sudah disebutkan bahwa diabetes salah satu penyebab penurunan fungsi ginjal.

Jika punya orangtua, soudara, kerabat atau handai tolan yang menderita penurunan fungsi ginjal atau mengalami gangguan ginjal. Silahkan di share diet ini ya? berbagi info kesehatan itu sangat indah

Gimana? Teman-teman mau coba diet ini? Atau udah memilih angkat bendera putih? hihihi

Sehat semua ya teman-temanku
stay safe
sarangaheyo




45 Comments:

  1. Very nice share. Caranya simpel tapi butuh perjuangan berat ya, karena kita harus ngehindarin 3 jenis makanan tersebut beserta turunannya. Apalagi makanan tersebut salah satu makanan favorite, pastinya cukup sulit. Tapi mau gimana lagi, daripada harus cuci darah, mendingan milih diet seperti ini.

    Kalo saya gak bisa ninggalin yang kacang kedelai dan susu, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sama kaaak.. duh kapan hari ikut diet ama ayah ibu, gagal gegara pas ke kampus ada tempe mendoan hahaha

      Delete
  2. Saya malah baru tau kalau kedelai dan turunannya itu masuk list diet utk terapi ginjal. Susah juga ya, harus istiqomah biar maksimal hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, tapi kalau bisa mengolah kedelai dengan baik cukup di kurangin aja konsumsinya. Yang bener-bener gak boleh adalah produksi yang menyertakan sedikit kulitnya

      Delete
  3. aku dapat info yang sangat bagus karena ortu saya sudah memasuki umur 50an ketas dan saya harus memberikan mereka makanana yang bergizi dan banyak mengandung kaya protein agar terhindar cuci darah ginjal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau terapi bisa setahun sekali kak

      Delete
  4. Di kantor saya ada ibu-ibu yang sudah melakukan cuci darah hampir 13 tahun lamanya k nova. Apakah masih mungkin kalau saya rekomendasikan diet ini. Beliau sudah sangat hitam kulitnya kasian. Tapi alhamdulillah Alloh masih sayang dan masih boleh berada di dunia. Ternyata daging dan turunannya ga boleh ya k untuk penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kak, beliau cuci darahnya apa krn sel di ginjal yang rusak atau filternya yang udah jebol

      Semoga beliau sehat dan kuat Aamiin

      Delete
  5. Daging sapi, susu dan kedelai. Saya suka semua, tp kl demi kesembuhan. Boleh lah huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, enak soale, cuma setahun sekali kok kak buat terapi nya

      Delete
  6. Wahhh nice info. Btw susah juga mau ninggalin dairy product dan turunan kedelai. Tiap hari aja minimal ada tahu tempe dengan segala jenis olahannya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kak, emang berat, tapi sebulan aja kok kak

      Delete
  7. Waduh semua makanan yang disebutkan di atas adalah makanan dan minuman favorit saya. Saya nggak bisa membayangkan bagaimana rasanya diet makanan di atas mbak. Terimakasih ya artikelnya sangat memotivasi saya untuk hidup lebih sehat dan banyak minum air putih

    ReplyDelete
  8. terima kasih sudah mengingatkan mbak, mulai sekarang mencoba untuk mengurangi ketiga makanan tersebut. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
  9. Wah, meninggalkan makanan-makanan enaaak. Tapi dengar kalimat cuci darah tuh aku ngeri banget. Ada beberapa teman yang harus cuci darah selama bertahun-tahun. Dua di antaranya sudah wafat. Al Faatihaah ...

    Pernah juga aku masuk ke ruangan cuci darah. Lemes banget rasanya melihat kondisi di dalam. Haduh ... Daripada melihat itu semua, kalau ada teman-teman yang mengalami gangguan ginjal dan masih punya pilihan seperti cerita Mbak, saya sangat sarankan memilih meninggalkan tiga jenis makanan tersebut aja, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, diet nya sebulaaaan aja tiap tahun kok

      Delete
  10. jadiingat temenku (yang umurnya seperti bpakku) bbrp kali cuci ginjal dan harus transfusi darah lagi. Btw Mbak Nova tanya deh, aku baca bahwa daging sapi/merah lainnya sumber Fe yang bagus ya tapi ternyata berat ya ke hati? hmmmm bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba betul, kalau untuk kesehatan emang mengurangi makanan yang berprotein dan ber zat besi tinggi
      Protein tinggi gak baik buat ginjal
      Zat besi tinggi memperberat hati krn harus di metabolisme

      Delete
  11. Say NO untuk daging sapi, susu dan olahannya, juga kedelai dan turunannya ya mba. Menarik ini, informasi baru bagi saya. Memang semua pangkal penyakit itu kata ayah saya adalah kepala dan perut. Hahaha. Jadi, kalo kita udah disiplin memerhatikan apa saja yang masuk ke tubuh kita, penyakit pun gak semudah itu mendekat. Trims sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul kak, ayah sadar kesehatan brarti ya..

      Delete
  12. Aku salfok sama tampilan webnya mba. Cantik banget. Jadi betah baca artikelnya berlama2. Btw aku mau nyoba dietnya aahh. Sehat selalu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi makasih kakak, Aamiin ..semangat buat sehat ya,, fighting

      Delete
  13. Waduh berat juga dietnya ya. Apalagi yang bagian kedelai dan turunannya itu.
    Tapi demi sehat ya mau gak mau harus dijalani
    Terimakasih infonya mbak, aku sampaikan ke keluarga yang lagi ada masalah dengan ginjal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang berat kak, salam sehat buat keluarga nya , semangat ya kak

      Delete
  14. Suamiku ini sekarang lagi kumat asam uratnya. Bener banget harus jaga makan. Udah engga daging, susu, jerohan, kacang-kacangan. Hum tahu-tempe belum nih...Baru tahu juga aku, kalau termasuk yg dihindari. Sip...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diet aja sebulan kak, semangaaat, sehat terus ya

      Delete
  15. Kenapa harus ketiga makanan tersebuk mbak badahal aku sangat suka makanan itu. Aku akan belajar untuk ditak makan makanan itu lagi agar ginjal ku selalu sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena udah di jelaskan diatas mas hihihi masing2 punya zat yang memberatkan kerja ginjal

      Delete
  16. Ginjal memang sangat penting ya, ternyata susu dan kacang-kacangan serta daging tidak bole dikonsumsi ya , om aku sedang mengalami sakit ginjal padahal beliau suka banget sama tahu dan tempe, ternyata malah tidak bole dikonsumsi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, sarankan diet selama sebulan aja kalau emang belum pernah cuci darah

      Delete
  17. Wah bisa say share nih artikelnya buat teman yg langganan cuci darah, padahal dia masih 23 tahun lho, bawaan lahir penyakit ginjalnya. Tfs Mba Nova

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cacat bawaan emang harus cuci darah ya, atau transplantasi, dan malah wajib diet ini supaya gak kadarnya tetep rendah, semoga sehat selalu ya

      Delete
  18. wah berat ih dietnya, karena makanan kesukaanku semua, tempe tahu terutama...huhu. Tapi demi kesehatan ginjal tak apa...mau sehat kan pastinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak berat banget emang ninggalin tahu tempe

      Delete
  19. wah baru tau kalau kulit kedelai pnya kandungan purin tinggi. Padahal sy seneng banget mkn tempe tiap pagi dan tiap hari buat sarapan..berarti hrs dilihat ya si tempe itu msh ada kulit kedelainya apa engga..mksh info nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak padahal gak masalah dengan kedelai nya asal benar2 proses, masalahnya adalah sering banget kulit nya terikut

      Delete
  20. Baru tahu aku kalau kedelai dan turunannya juga ga bolehdimakan
    Susah banget dong, proteinnya apa yang terjangkau

    ReplyDelete
  21. Wah baru tau mbak, aku suka buat susu kedelai endiri. Perlu hati-hati ya. nice info mbak.

    ReplyDelete
  22. Bahaya juga ya ternyata obat herbal itu..baru tahu ini. Makasih kaaakk infonya

    ReplyDelete
  23. informasi yang sangat bermanfaat, Mbak. Papa mertuaku diabetes nih, jadi harus ekstra hati-hati juga sekarang ya. Padahal beliau suka sekali makan makanan berbahan daging.

    ReplyDelete
  24. baru tahu soal 3 jenis makanan pencegah gagal ginjal. tapi maemnya sama apa dong mbak kalau yg enak enak gak boleh.

    ReplyDelete
  25. Noted... info baru nich kak... Daging sapi dan turunannya, susu dan turunannya lalu kedelai dan turunannya... semoga kita sehat2 semuanya ..amin TFS kak

    ReplyDelete
  26. Waah.. kalau daging sapi, so far emang jarang makan sih kami. Tetapi, tempe dan tahu? haduh... ini nyaris setiap hari kami makan :)

    ReplyDelete
  27. aduh minimal sebulan. Saya 3 hari nggak ketemu tahu tempe udah kelimpungan pengen nyari.

    Ada sodara yang sudah 3 bulan ini cuci darah, bisa nih artikelnya saya share pada dia.

    ReplyDelete

Harap komentar yang baik dan relevan ya kak,
Saranghaeyo

Follow Me On

Tentang saya

Met datang di blog NVQueen

Hanya blog Anak bawang yang masih belajar menulis untuk menyampaikan info kesehatan, tips-tips dan sedikit signal dari hati

RECENT POSTS

5/recent/post-list